Selasa, 26 Juli 2011

perangkat jarkom,media jarkom dan jenis-jenis jarkom

Perangkat jaringan komputer

Perangkat jaringan komputer adalah unit yang memediasi Data dalam jaringan komputer . Computer networking devices are also called network equipment, Intermediate Systems (IS) or InterWorking Unit (IWU). Perangkat jaringan komputer yang juga disebut peralatan jaringan, Sistem Intermediate (IS) atau Unit interworking (IWU). Units which are the last receiver or generate data are called hosts or data terminal equipment . Unit yang merupakan penerima terakhir atau menghasilkan data yang disebut host atau peralatan terminal data .

Umum perangkat jaringan dasar:
• Router : a specialized network device that determines the next network point to which it can forward a data packet towards the destination of the packet. Router : perangkat jaringan khusus yang menentukan titik jaringan berikutnya yang dapat meneruskan paket data ke tujuan paket. Unlike a gateway, it cannot interface different protocols. Tidak seperti gateway, tidak dapat antarmuka protokol yang berbeda. Works on OSI layer 3 . Bekerja pada lapisan OSI 3 .
• Bridge : a device that connects multiple network segments along the data link layer . Bridge : perangkat yang menghubungkan beberapa segmen jaringan sepanjang lapisan data link . Works on OSI layer 2 . Bekerja pada lapisan OSI 2 .
• Switch : a device that allocates traffic from one network segment to certain lines (intended destination(s)) which connect the segment to another network segment. Berpindah : perangkat yang mengalokasikan lalu lintas dari satu segmen jaringan ke baris tertentu (tujuan (s)) yang menghubungkan segmen ke segmen jaringan. So unlike a hub a switch splits the network traffic and sends it to different destinations rather than to all systems on the network. Jadi tidak seperti hub switch membelah lalu lintas jaringan dan mengirimkannya ke tujuan yang berbeda daripada semua sistem pada jaringan. Works on OSI layer 2 . Bekerja pada lapisan OSI 2 .
• Hub : connects multiple Ethernet segments together making them act as a single segment. Hub : menghubungkan beberapa segmen Ethernet bersama-sama membuat mereka bertindak sebagai segmen tunggal. When using a hub, every attached all the objects, compared to switches , which provide a dedicated connection between individual nodes. Bila menggunakan hub, setiap semua terpasang benda, dibandingkan dengan switch , yang menyediakan koneksi khusus antara node individu. Works on OSI layer 1 . Bekerja pada lapisan OSI 1 .
• Repeater : device to amplify or regenerate digital signals received while sending them from one part of a network into another. Repeater : Perangkat untuk memperkuat atau meregenerasi sinyal digital yang diterima saat mengirim mereka dari satu bagian dari jaringan ke yang lain. Works on OSI layer 1 . Bekerja pada lapisan OSI 1 .
Some hybrid network devices: Beberapa perangkat jaringan hibrida:
• Multilayer Switch : a switch which, in addition to switching on OSI layer 2 , provides functionality at higher protocol layers. Beralih multilayer : sebuah saklar yang, selain switching pada layer 2 OSI , menyediakan fungsionalitas pada lapisan protokol yang lebih tinggi.
• Protocol Converter : a hardware device that converts between two different types of transmissions , such as asynchronous and synchronous transmissions. Protokol Converter : suatu perangkat keras perangkat yang mengkonversi antara dua jenis transmisi , seperti transmisi asinkron dan sinkron.
• Bridge Router (B router): CombineS router and bridge functionality and are therefore working on OSI layers 2 and 3 . Bridge Router (router B): menggabungkan fungsi router dan bridge dan karena itu bekerja pada lapisan OSI 2 dan 3 .
Hardware or software components that typically sit on the connection point of different networks, eg between an internal network and an external network: Hardware atau komponen perangkat lunak yang biasanya duduk di titik koneksi jaringan yang berbeda, misalnya antara jaringan internal dan jaringan eksternal:
• Proxy : computer network service which allows clients to make indirect network connections to other network services Proxy : komputer layanan jaringan yang memungkinkan klien untuk membuat koneksi jaringan tidak langsung ke layanan jaringan lain
• Firewall : a piece of hardware or software put on the network to prevent some communications forbidden by the network policy Firewall : perangkat keras atau perangkat lunak menempatkan pada jaringan untuk mencegah beberapa komunikasi dilarang oleh kebijakan jaringan
• Network Address Translator : network service provide as hardware or software that converts internal to external network addresses and vice versa Network Address Translator : layanan jaringan menyediakan perangkat keras atau perangkat lunak yang mengkonversi alamat internal ke jaringan eksternal dan sebaliknya
Other hardware for establishing networks or dial-up connections: Lain hardware untuk membangun jaringan atau koneksi dial-up:
• Multiplexer : device that combines several electrical signals into a single signal Multiplexer : perangkat yang menggabungkan beberapa sinyal listrik menjadi sinyal tunggal
• Network Card : a piece of computer hardware to allow the attached computer to communicate by network Kartu Jaringan : sepotong perangkat keras komputer untuk memungkinkan komputer yang terpasang untuk berkomunikasi dengan jaringan
• Modem : device that modulates an analog "carrier" signal (such as sound), to encode digital information, and that also demodulates such a carrier signal to decode the transmitted information, as a computer communicating with another computer over the telephone network Modem : perangkat yang memodulasi sebuah "pembawa" sinyal analog (seperti suara), untuk mengkodekan informasi digital, dan yang juga demodulates seperti sinyal carrier untuk decode informasi yang ditransmisikan, sebagai komputer berkomunikasi dengan komputer lain melalui jaringan telepon
• ISDN terminal adapter (TA): a specialized gateway for ISDN Adaptor terminal ISDN (TA): yang khusus gerbang untuk ISDN
• Line Driver : a device to increase transmission distance by amplifying the signal. Garis Supir : perangkat untuk meningkatkan jarak transmisi dengan memperkuat sinyal. Base-band networks only. Base-band jaringan saja.
http://en.wikipedia.org/wiki/Computer_networking_device





Jenis-Jenis Jaringan Komputer :


1. Local Area Network (LAN)

Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.

Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :

1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan

2. Metropolitant Area Network (MAN)

Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

3. Wide Area Network (WAN)

WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

4. Intranet

Intranet adalah jaringan komputer khusus yang hanya diperuntukan atau dapat diakses oleh satu pihak. Contohnya : Telkom Pekanbaru dan Telkom Jakarta.

5. Internet

Internet (interconnected-networking) adalah jaringan komputer yang mencangkup area seluruh dunia (global) jadi semua orang di belahan Bumi ini dapat berkomunikasi dan bertukar data di Internet.

http://laksamana-embun.blogspot.com/2010/02/jenis-jenis-jaringan-komputer.html






Media jaringan computer
media penghubung jaringan komputer dan internet antara lain:
ROUTER

Router bekerja dengan cara yang mirip dengan switch dan bridge. Perbedaannya, router menyaring (filter) lalu lintas data. Penyaringan dilakukan bukan dengan melihat alamat paket data, tetapi dengan menggunakan protokol tertentu. Router muncul untuk menangani perlunya membagi jaringan secara logikal bukan fisikal.

Sebuah IP router bisa membagi jaringan menjadi beberapa subnet sehingga hanya lalu lintas yang ditujukan untuk IP address tertentu yang bisa mengalir dari satu segmen ke segmen lain. Anda mungkin bingung dengan definisi di atas, tetapi untuk mudah diingat, Anda menggunakan router ketika akan menghubungkan jaringan komputer ke jaringan lain. Jaringan ini bisa berupa jaringan pribadi (LAN/WAN) atau jaringan publik (Internet).



Switch

SwitchBiasanya switch banyak digunakan untuk jaringan LAN token star.Dan switch ini digunakan sebagai repeater/penguat. Berfungsi untuk menghubungkan kabel-kabel UTP ( Kategori 5/5e ) komputer yang satu dengan komputer yang lain. Dalam switch biasanya terdapat routing, routing sendiri berfungsi untuk batu loncat untuk melakukan koneksi dengan komputer lain dalam LAN.

Switch adalah hub pintar yang mempunyai kemampuan untuk menentukantujuan MAC address dari packet. Daripada melewatkan packet ke semuaport, switch meneruskannya ke port dimana ia dialamatkan. Jadi, switchdapat secara drastis mengurangi traffic network.Switch memelihara daftar MAC address yang dihubungkan ke port-portnyayang ia gunakan untuk menentukan kemana harus mengirimkanpaketnya. Karena ia beroperasi pada MAC address bukan pada IP address,switch secara umum lebih cepat daripada sebuah



HUB

Hub adalah istilah umum yang digunakan untuk menerangkan sebuah central connection point untuk komputer pada network. Fungsi dasar yang dilakukan oleh hub adalah menerima sinyal dari satu komputer danmentransmisikannya ke komputer yang lain. Sebuah hub bisa active atau passive. Active hub bertindak sebagai repeater; ia meregenerasi dan mengirimkan sinyal yangdiperkuat. Passive hub hanya bertindak sebagai kotak sambungan; iamembagi/memisahkan sinyal yang masuk untuk ditransmisikan ke seluruhnetwork.

Hub adalah central untuk topologi star dan mengijinkan komputer untuk ditambahkan atau dipindahkan pada network dengan relatif mudah.Kapabilitas yang disediakan hub central utnuk topologi star dan mengijinkan computer untuk terkoneksi. Dalam Jaringan komputer kita perlu hub yang berfungsi untuk menggabungkan beberapa komputer menjadi satu buah kelompok jaringan. Mungkin bila kita hanya akan menghubungkan dua buah PC kita hanya akan memerlukan Kabel UTP dengan Crimping dengan metode cross cable. Tapi bagaimana halnya dengan 10 PC ? atau 20 PC ? disinilah fungsi hub bekerja dimana komputer2 tersebut akan dihubungkin dengan UTP Straight Cable yang dicolokkan ke port2 yang ada di hub dan diset dengan IP dengan alamat jaringan yang sama, maka kita akan berada di dalam jaringan komputer yang terdiri lebih dari 2 buah PC.
Antar hub juga dapat saling berhubungan, ini disebut sebagai chaining melalui port uplink. Dengan adanya ini maka dapat meningkatkan kinerja jaringan yaitu dapat mengisolasi suatu komputer dari komputer lain.Hub akan mengirim paket ke semua komputer yang dihubungkan ke hub tersebut tetapi switch hanya akan melewatkan paket ke alamat yang dituju. Karena switch mempunyai kemampuan mendeteksi alamat komputer yang akan dituju. Jelas disini switch lebih aman dan lebih cepat.
Switch pada saat yang sama dapat menangani lebih dari satu koneksi. Tentu saja dengan kemampuan lebih seperti ini harga switch lebih mahal dari pada harga hub. Dengan adanya hub maupun switch sebagai penghubung maka banyak komputer dapat saling berhubungan. Bila tanpa hub atau switch untuk menghubungkan dua atau lebih komputer kita gunakan konektor BNC. Kecepatannya rendah. Tetapi dengan hubungan menggunakan RG45 dan Ethernet Card yang mendukung serta kemampuan hub ataupun switch yang mendukung maka kita dapat mendapatkan kecepatan). Hub adalah komponen dalam jaringan yang menghubungkan REPEATER (bekerja pada Physical Layer)Digunakan untuk mengatasi keterbatasan (jarak, kualitas sinyal) fisik suatu segmen jaringan.

Switch dan hub merupakan komponen penting dalam jaringan. Keduanya berfungsi mentransfer data dalam suatu jaringan.
Lalu apa perbedaan antara switch dan hub? Meskipun keduanya memiliki bentuk sama dan memiliki fungsi yang sama, namun keduanya memiliki perbedaan yang sangat mendasar.
Hub hanya bisa terjadi satu proses transfer data pada satu saat. Ini terjadi karena pada suatu jaringan, sebelum pengiriman data akan diawali dengan pemeriksaan apakah ada pengiriman data dari pihak lain atau tidak. Jika ya, maka pengiriman data akan ditunda sebab jika ada 2 pihak yang mentransfer data secara bersamaan, maka akan terjadi tabrakan antar data (collision).
Lain lagi dengan switch. Switch memungkinkan proses transfer data lebih dari satu pada saat bersamaan. Ini disebabkan karena switch memiliki collision control di setia portnya. Berbeda dengan hub yang hanya memiliki satu collision control.




BRIDGE
BRIDGE – bekerja pada Data Link layer (2)Bridge mengatur (melalui filtering atau forwarding) frame data per segmen, sehingga jika w/s 1 akan mengirim data ke w/s 2, frame tidak akan diteruskan (forward) ke segmen 2. Hal ini mengakibatkan beban jalur setiap segmen menjadi optimal, dan overhead traffic pada setiap segmen dapat dikurangi..
http://www.komputerbutut.com/media-jaringan-komputer.html

1 komentar: